Keluargaku Bahagia......

Daisypath Anniversary Years Ticker

Senin, 23 Februari 2009

A Long Flight to Doha

Pagi hari kami sudah bersiap untuk berangkat ke Rumah Mbah di Batang. Dengan dianter Budhe, mbah guru n mbah Putri kami berangkat ke Mbah Sinder di Batang. Sampai di sana kami istirahat sebentar, Silmi mandi n perjalanan berlanjut ke Bandara Ahmad Yani Semarang. Pesawat kami dijadwalkan berangkat pukul 17.00 WIB ke Jakarta. Selama nunggu boarding, tak henti2nya Silmi maen bareng Mbah2nya bergantian, ada Om Wahyu juga, maklum mo berpisah jauh…puas2in dulu deh.

Kami check in pukul 16.30 WIB, Alhamdulillah…karena pakai GIA, jadi relatif lebih nyaman. Sampai di pesawat Silmi sibuk merhatiin orang2, seat kami lumayan deket jendela, jadi Silmi sibuk juga liat ke luar. Dia terlihat senang dengan awal perjalanan naek pesawat ini, pertama kalinya Silmi merasakan hal baru….naek pesawat!

Umi n silmi bersiap naek pesawat

Dengan mengucap bismillah dan tak lupa doa naek kendaraan n mengenakan savety bealt pesawat perlahan mulai naik. Agak berguncang, tapi Silmi ‘anteng2” aja di dekapan umi sambil mimi’. Setelah take off, baru Silmi selesai minum n kembali memperhatikan sekeliling. Mbak Pramugari dengan ramah menawari minum n memberi snack buat umi n ayah. Tak lupa baby meal buat Silmi. Padahal Silmi udah minum n makan kayak umi ya de’….Silmi langsung deh ngrebut coklat jatah snack umi….biskuit bayinya dicuekin hehe….

Alhamdulillah pesawat sampe di Cengkareng tepat waktu, maghrib pun tiba. Kami tak perlu pindah terminal coz naek GIA dari Semarangnya, so…kami tinggal melangkahkan kami sebentar untuk check in penerbangan ke Qatar. Sambil nunggu, umi cukup terkesima dengan banyaknya rombongan2 TKW yang akan berangkat ke timur tengah yang terlihat rame di ruang tunggu. Penasaran, umi ajak ngobrol beberapa dari mereka. Ada yang udah bertahun-tahun kerja jadi TKW di middle east, ada juga yang baru pertama kali berangkat. Tersirat wajah cemas, lugu n takut dari mereka, mungkin ini presepsi umi aja tapi. Sebagian besar mereka seusia umi juga. Mungkin kalo ga terpaksa2 banget, ga pengen sebenarnya pergi jauh2 dari keluarga, apalagi dengan bekal pendidikan n skill yang pas2an. Umi lebih kager lagi waktu tanya dengan wajah polos umi (karena sangking penasarannya) gaji mereka berapa? Dan ternyata hanya sekitar 1,7- 2 juta!!! Mereka bela2in untuk mengais rejeki di negeri orang( jauh banget emang ma gaji yang pekerja skill gaya ayah).

Silmi n teteh fathia

Setelah menunggu cukup lama karena memang jadwal pesawat yang masih pukul 22.30 nanti…..setelah check in dan tetek bengek urusan imigrasi selesai kami keluar ketemu sama Budhe n Pakdhe yang udah janjian buat nganter di Bandara. Silmi seneng ketemu teteh2 n Mas Hanif….she will gonna miss them. Tak lupa kita makan malam n sholat dulu sembari nunggu. Setelah lama bercengkarama, its time to flight again…Kami langsung masuk n boarding ke pesawat. Di sepanjang jalan ke pesawat, di kanan-kiri terlihat lagi rombongan TKW2 yang sedang menunggu penerbangan. Mirisnya, mereka nunggu sambil keleleran tidur seenaknya beralaskan koran. Padahal mereka kan perempuan….aduh…gimana bangsa kita mau dihormati n dihargai kalo perilaku kita kayak gitu. Yah…tapi mungkin karena mereka sudah capek dengan perjalanan jauh sebelumnya dari kampung halaman.

Ni bukan rombongan TKW n TKi lho ya!...hehe...kok sama?

Sesampai di pesawat, Silmi agak kaget waktu ketemu dengan orang2 bule yang ga lazim dia lihat. Apalagi waktu seorang cabin crew mempersilakan kami masuk duluan karena bayi diprioritaskan, Silmi terlihat serius memperhatikan pembicaraan2 kami( tentunya dalam bahasa inggris). Setelah dipersilahkan duduk di tempat duduk khusus penumpang yang bawa bayi, diberi savety bealt bayi…tak ketinggalan Silmi dapet maenan lucu berbentuk pesawat terbang dari seorang pramugari. Penumpang n cabin crew yang berseliweran cukup bikin silmi bingung, apalagi wajah mereka tampak tak biasa Silmi temui. Hampir semua yang lihat n ketemu Silmi pasti tersenyum n komen…She’s cute mam!. Emang ya….anak kecil tuh mukanya lucu, innocent, mo dia bangsa mana juga…tetep lucu. Ternyata Silmi dikasih lagi boneka sama cabin crew yang laen sampe2 dia dapet 3. Sebenernya Silmi bisa ditaruh di baby bassinet khusus bayi, letaknya di depan seat umi, tapi umi memilih memangku Silmi supaya mudah mimi’in Silmi. Setelah duduk, Silmi kembali sibuk memperhatikan sekeliling. Alhamdulillah kami duduk di pinggir deket jendela, Silmi jadi bisa lihat keluar dengan leluasa. Dia terlihat sangat menikmati dengan banyak hal baru yang dia temui sambil terus ngoceh n nunjuk2. Mungkin dia bermaksud nanya or bercerita sesuatu ke Umi. Yah…di lluar memang terlihat lampu kelap-kelip cukup banyak, trus ada pesawat yang gede banget, lebih gede dari pesawat yang tadi Silmi liat. Seperti juga halnya pesawat yang kami naiki. Terlihat sayapnya aja gede banget dibanding pesawat dari semarang tadi. Kalo di Qatar airways, cabin crew or pramugari tak perlu memperagakan cara memakai sabuk n prosedur keselamatan lainnya, cukup lewat layar di depan seat masing2 penumpang. Di layar tampak penumpang pun dituntun untuk mengucapkan doa naek kendaraan….dan bismillah pesawat naek dan Silmi masih mimi’. Setelah take off, Silmi mulai bosan dengan suasana sekarang meskipun udah dibacain buku kesukaannya, dikasih maenan, silmi mulai rewel. Perjalanan pesawat kali ini menuju Singapur terlebih dahulu n mungkin trasnit sekitar 2 jam untuk kemudian lanjut lagi ke Doha. Silmi masih agak rewel sesekali n dia mulai nangis, sepertinya dia pengen turun. Perjalan Jakarta-Singapur dilewati dengan Silmi masig terus rewel. Saat penumpang diminta turun dulu di changi international airport, Silmi langsung sumringah….turun!!! Tapi begitu selesai transit n naek lagi ke pesawat, Silmi mulai rewel lagi minta turun. Umi berusaha terus nenangin dan mimi’in . Sampai kemudian Silmi akhirnya tertidur karena emang udah ngantuk banget kali, udah jam 2 pagi.

Ngenet dulu ah di changi international airport....

Silmi bobo terus sampe hampir sampe Doha. Perjalanan terasa sangat lama buat umi. Posisi memangku Silmi emang bikin pegel, pengen ditaruh di baby bassinet, tapi kalo Silmi bangun ga bisa langsung mimi’in. kalo langsung dimimi’in kan Silmi bobo’ lagi. Sekitar 8 jam Singapur-Doha sape juga akhirnya di Doha. Ternyata pagi itu, suhu udara di Doha masih cukup dingin kendati musim dingin sudah berlalu. Siap-siap umi n Silmi pake jaket coz suhu di luar masih 17 derajat, cukup dingin buat orang Indonesia. Sesampainya di Bandara, temen2 ayah Om Dipo n Pak Muiz menjemput n membawa kami ke hotel untuk istirahat. Bener2 perjalan yang cukup menarik sekaligus melelahkan.. Kami masih jet lag n langsung istirahat…..