Keluargaku Bahagia......

Daisypath Anniversary Years Ticker

Rabu, 17 Agustus 2011

Garangao Festival

Garangao ini sepertinya hanya budaya atau tradisi masyarakat di mid east dan sekitaran gulf countries, salah satunya Qatar. Ga tau arti katanya sendiri apa. Tradisi ini diadakan tiap bulan Ramadhan, mulai tanggal 14 Ramadhan malam/petang hari. Karena dalam penanggalan hijriyah, pergantian hari dimulai saat matahari terbenam.


Ada juga lagu garangaonya, tp saya sendiri kurang paham apa artinya. tapi kalo dari hasil tanya sana sini, tradisi ini lebih dimaksudkan sebagai kegiatan memberi kebahagiaan pada anak-anak. Allah senang dengan orang yang mau berbagi, dan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya jika kita mau berbagi kebahagiaabn dengan yang lain. begitulah kira-kira maksud dan tujuan acara ini. Selain, mungkin juga memberi semangat anak-anak untuk berlatih puasa Ramadhan mungkin yaa...ga tau deh yang ini mah hasil penafsiran saya saja.


contoh salah satu tas garangao yang dijual di souq

Tradisi ini banyak diadakan di tempat-tempat umum seperti mall, bank, tempat pelayanan umum seperti puskesmas or klo di sini namanya health centre, souq/pasar dll. Anak-anak akan berpakaian tradisional arab, lalu mereka menyiapkan sebuah tas yang digantung di leher kemudian datang dari rumah ke rumah di sekitar tetangga-tetangga. kemudian di tiap rumah tersebut mereka diberi coklat, permen, kacang-kacangan, mainan dan barang yang bikin anak-anak seneng. Nah sama anak-anak barang pemberian tersebut ditampung/ditaruh di tas yang mereka bawa. waahhhh bisa dapet banyak sepulang dari acara keliling tersebut.
tumpukan kacang, permen campu-campu yang akan dibungkus kecil-kecil untuk dibagi-bagikan

sehari sebelumnya ketika kami se souq/pasar untuk berbelanja oleh-oleh, orang-orang sudah rame dengan jual beli pernak pernik garangao. kalo beli kacang itu para orang tua bisa sampe karungan yang buat dibagi-bagi. kemasan gifts nya juga macem-macem, ada yang dibentuk lucu-lucu khas arab gitu, ada yang dibentuk menyerupai tokoh-tokoh kartun favorit anak-anak macam spongebob, dll.
Silmi pake abaya

Hasan pake tsoup

Silmi dan Hasan hanya ikut dan dapet gifts yang di mall, tadinya kami berencana untuk ikut yang di health centre, tapi apa daya anak-anak begadang jadi paginya pd bobok ga mau bangun. Kalo di tempat-tempat umum, selain diberi hadiah berupa coklat, permen dll, anak-anak juga disuguhi mainan, badut, dan sesuatu yang lain yang membuat mereka bergembira.

Tidak ada komentar: