Keluargaku Bahagia......

Daisypath Anniversary Years Ticker

Kamis, 07 Mei 2009

Fish : Be Aware

Saat-saat kehamilan seperti sekarang membuatku membuka-buka buku kembali tentang kehamilan. Walaupun sudah pernah melalui masa-masa kehamilan pertama, tapi tentu merefresh kembali ilmu, info agar kita bias menjaga kehamilan kedua ini dengan baik dan lebih baik akan saya lakukan.
Berawal dari sebuah buku yang saya baca, karena buku-buku kehamilan pertama dulu masih di indo, jadi saya mencari buku-buku yang ada di sini. Di buku itu disebutkan bahwa ikan merupakan salah satu makanan yang patut diwaspadai. Artinya perlu perhatian khusus ketika kita sedang hamil. Awalnya saya mengira bahwa ikan sumber protein tinggi, kaya akan omega3 yang bagus untuk perkembangan otak janin. Tapi perllu diperhatikan bahwa ada beberapa ikan yang mempunyai potensi cukup besar mengandung merkuri maupun logam berbahaya lain. Apalagi ikan laut dalam dan kita ketahui bersama bahwa Qatar adalah Negara industry berskala besar. Industri LNG, oil n gas merupakan industri terbesar di sini, bukan tidak mungkin, walopun tidak bias dipastikan pula, bahwa limbah yang terbuang/terbawa ke laut akan mengkontaminasi ikan-ikan di dalamnya. Merkuri dapat mengganggu perkembangan saraf otak janin. Jadi, musti berhati-hati memilih jenis ikan yang akan kita konsumsi.
Beberapa waktu lalu, ketika ada roadshow autism awareness, kita berdiskusi mengapa di Qatar tingkat autismenya cukup tinggi. Rasio di dunia untuk anak autis adalah 1:150, rata-rata. Sedangkan di Qatar, rasio itu menjadi 1:50....sebuah angka yang cukup tinggi. Sampai pada akhir diskusi kami, walopun belum bias dipastikan lewat penelitian ilmiah, kita perlu waspada dengan factor-faktor yang dicurigai menyebabkan autism. Beberapa di antara yang menyebabkan Negara ini mempunyai rasio autis yang lebih besar barangkali adalah karena itu tadi, orang Qatari sangat gemar mengkonsumsi ikan. Padahal industry LNG, oil n gas dimana-mana. Trus, bayi-bayi kalo imunisasi biasanya tidak one dosis sekali imunisasi, bias beberapa. Yah....ternyata ada sebuah ilmu baru yang harus saya ketahui dan saya waspadai setelah mengetahuinya. Kita tentu berharap yang terbaik buat anak-anak kita, dan hanya Allah yang menetukan dan mempunyai kepastian. Kita hanya bias berdoa....tapi juga berikhtiar untuk yang terbaik,, selagi kita masih bias berusaha.

2 komentar:

Keke Naima mengatakan...

kira2 ikan apa aja tuh mbak yg kandungan merkurinya tinggi?

Ima Nurhikmah mengatakan...

kalo dari buku, ikan2 yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi(berpotensi tinggi mengandung bahan berbahaya):swordfish, kng mackerel, bluefish, striped bass, shark. yang direkomendasi dikonsumsi : shrimp, light tuna, salmon, catfish.