Keluargaku Bahagia......

Daisypath Anniversary Years Ticker

Kamis, 15 April 2010

Pesantren Kilat Anak

Dalam rangka mengisi liburan term II, kami baru saja mengadakan pesantren kilat bagi anak-anak. Awalnya kami rencanakan menginap, kemudian direvisi jadi 3 hari, dan pada akhirnya disesuaikan lagi menjadi hanya 2 hari karena kondisi cuaca maupun waktu libur yang berbeda antara sekolah yang satu dengan yang lain.

suasana anak-anak kelompok besar

suasana anak kelompok sedang


Acara hari pertama berupa materi indoor oleh ustadz Sudirman. Cara penyampaian ustadz yg humoris, ceria, sangat menarik bagi anak-anak. Kebetulan karena ima jadi koordinator alias ketupat, tugas MC pun harus disandang. Anak-anak sangat sholeh, walopun berkumpul jadi satu dengan jumlah 60-an, acara masih bisa terlaksana dengan tertib, tidak rame dan para peserta sangat antusias mendengarkan materi. Anak-anak kecil di bawah 5 tahun yang berjumlah belasan sengaja kami pisahkan ke dalam kelompok tersendiri untuk kemudian diisi materi juga, tentu dengan cara penyampaian bu Ndaru yang pas buat anak-anak.

Ustadz sedang mengisi materi

suasana anak kelompok kecil

Hari kedua, acara berpindah ke out door. Sengaja kami pilih lokasi Doha Zoo agar anak-anak bersemangat dan mengenal ciptaan Allah lebih dekat. Wah hari kedua ima udah ga sempet foto-foto, sibuk dengan games anak-anak di lapangan. Anak-anak yang sibuk beralrian harus selalu diawasi. Sempat Silmi hilang beberapa saat, Ima terlena sebentar saja silmi sudah berada di posisi yang cukup jauh dari jangkauan. Yah, beginilah kalo ada acara dan ima pergi hanya bertiga dengan silmi dan Hasan. Pengawasan harus ekstra ketat, terutama pada silmi yang aktif banget anaknya. Yah hari pertama dan kedua Ayah masuk pagi dan sore, alhasil.....harus berangkat bawa mobil sendiri bertiga saja. Sebenernya sih sudah sering begini, tapi karena ima jadi koordinator acara, perlu ngurus ini-itu, wah jadi repot juga ternyata. Jadi inget kakak yang di Depok, anak keduanya lahir sebulan setelah Hasan, jadi butuh 2 asisten buat ngurus rumah n anak-anak coz suami istri bekerja. Sedang ima tanpa asisten....jalan-jalan bertiga seru juga, tapi asli repot, jadi mending kalo jalan-jalan nunggu ayah libur or ada waktu luang. Trus jadi inget waktu musti belanja2, ima bisa lakukan pas silmi sekolah saja. Apalagi kalo ngajar tiap sabtu silmi dan Hasan dibawa....beuh....pernah dicobain, bukannya ngajar malah ngurusin mereka berdua. Makanya sekarang kao ngajar, silmi ima tinggal di rumah sama ayah, mobil dibawa ima berangkat sama hasan. Eh kok malah jadi cerita serunya bawa 2 anak ke zoo ya? hehe....gapapa curcol (curhat colongan).

Selesai semua acara, anak -anak sangat senang. Setelah selesai games, berkeliling kebun binatang anak-anak tambah seneng waktu goody bag-nya dibagi dan pemenang lomba diumumkan. Wah serunya melihat tawa riang anak-anak yang total jumlahnya 70an ini. Para peserta selain berasal dari Doha, juga banyak yang dari Wakrah dan Messaid (kota di sekitar Doha). Semoga acara ini memberikan manfaat sesuai tujuan kami menyelenggarakannya. Acara diakhiri menjelang maghrib dengan sebelumnya mereka mengumpulkan infaq buat Saudara2 qta di Palestina. Anak Muslim!!!! Ayo Semangat!!!!Allahu Akbar!!!

2 komentar:

Amaliza mengatakan...

Assalamu'alaikum,

saya tertarik dgn pesantren kilat utk anak2, apakah di libur kenaikan kelas ini diadakan lagi ?

Terima kasih,

Wassalam,
Bunda Fadhil

Ima Nurhikmah mengatakan...

Insya Allah bu, sedang direncanakan bersama ustadz juga. Rencana pengen nginep biar ada tambahan pembiasaan anak sehari-hari termasuk belajar sholat malam dll. Semoga bisa terlaksana sebelum Ramadhan, sekalian persiapan/warming up buat anak2 yg sholih dan sholihah :)