Keluargaku Bahagia......

Daisypath Anniversary Years Ticker

Sabtu, 12 Juni 2010

Acara Akhir Tahun Kaifa

Alhamdulillah rangkaian Acara Akhir Tahun Kaifa dapat terlaksana dengan lancar. Subhanallah, senang rasanya hati ini melihat riang gembiranya anak-anak pada acara tersebut. Rangkaian acaranya dimulai dengan Pentas Anak-anak Kaifa. Oleh Bu Evin sang sutradara, acara ini dikemas dengan apik denga alur cerita yang berkisah tentang kegiatan belajar anak-anak di Kaifa. Masing-masing kelas tampil, anak-anak sangat senang sekali, walopun dengan persiapan yang cukup singkat, alhamdulillah penampilan anak-anak bagus sekali. Dalam acara ini anak-anak juga sangat senang dengan kedatangan Kak Andi Yudha "Mio" yang bercerita dan sangat menghibur tak cuma anak-anak, tapi juga para orang tua wali murid. Diakhiri dengan pengumuman siswa terbaik di kelas dan penyerahan hadiah serta bazaar dari ibu-ibu warga Indonesia di Qatar. Subhanallah, rasa lelah kami benar-benar hilang seketika begitu melihat tawa riang dan keceriaan anak-anak pada acara tersebut. Terbayar sudah rasa lelah kami saat harus rapat, mempersiapkan segala sesuatu, latihan.....Alhamdulillah semoga di acara yang akan datang bisa lebih baik dan tentunya bisa dirasakan manfaatnya oleh semua.

Rangkaian acar berikutnya adalah "Parenting Creativity" yang diadakan di Swiss Bell hotel di hari berikutnya. Dalam acara ini, Kak Andi menyampaikan kepada para orang tua untuk mengasah kreativitas dalam mendidik anak dengan tidak mematikan potensi kreativitas anak. Sebagai orang tua, kita harus bisa menyelami dunia anak-anak, menjadi teman bagi mereka dan mengesampingkan terlebih dahulu dunia orang "dewasa". Dengan begitu, apa yang akan kita sampaikan, ajarkan, akan lebih mudah dicerna, dilakukan oleh anak-anak kita.

Acara ketiga adalah training kreativitas guru TPA se Qatar. Training ini tidak hanya diikuti oleh para guru Kaifa, tapi juga para guru TPA dari kota-kota di sekitar Qatar. Sangat inspiratif dan kreatif sekali apa yang Kak Andi sampaikan kepada para guru. Sangat bermanfaat sekali buat saya, meng-up grade kembali cara saya dalam mengajar anak-anak. Dulu ketika masih mengajar di Indonesia, up grade guru sering dilakukan, jadi guru bisa terus meningkatkan kemampuan serta kreaivitas mengajarnya. Sedangkan di sini, sudah lama rasanya saya tidak mendapatkan up grade guru, kegiatan traning guru ini menjadi sangat saya butuhkan. Pada kesempatan tersebut, Kak Andi memperkenalkan metode "Gerak, Suara dan Gambar". Pada intinya kita sebagai guru bisa mengoptimalkan gerak, suara, dan gambar dalam mengajar. Harus berani mengeluarkan suara dengan benar, intonasi yang jelas, gerak yang cocok, serta gambar yang dikemas dengan apik agar menarik buat anak-anak.

Kedatangan Kak Andi Yudha dalam rangkaian acara akhir tahun Kaifa sangat inspiratif. Bener-bener menginspirasi baik anak-anak, para orang tua, maupun guru, untuk terus berproses kreatif. Saya baru kali ini bertemu dengan beliau walopun saya sudah kenal dari tokoh "MIO" yang beliau ciptakan. Saya mengenal mio sejak silmi berusia 5 bulan saat saya membelikannya satu buku "Halo Balita" yang termasuk di adalamnya boneka tangan mio, sali dan saliha. Sampai sekarang, buku dan mio tersebut masih setia menemani saya bercerita dengan Silmi, jadi buku bacaan favorit Silmi juga. Senngaja kami bawa ke Qatar karena toh masih akan terus bermanfaat sampai silmi 5 tahun. Dan sekarang pun jadi bermanfaat pula buat Hasan. Terima kasih Kak Andi, atas banyak pelajaran berharga yang telah disampaikan, lewat Mio yang kami kenal, lewat rangkaian kegiatan kemarin dan semoga terus memberikan pencerahan ilmu bagi yang lain.

Tidak ada komentar: