Keluargaku Bahagia......

Daisypath Anniversary Years Ticker

Senin, 26 Januari 2009

Kuliner Khas Pekalongan (part 1)

Sebagai orang Pekalongan asli, tentu kuliker khas Pekalongan selalu ngangeni. Kalopun sudah merantau ke penjuru manapun, tetep ga bisa lupa n setiap kali pulang kampung pasti selalu diburu pertama kali. Biasanya, ima suka masak akhirnya kalo lagi kangen ma kuliner Pekalongan ini. Kebetulan suami juga lama tinggal di Pekalongan, jadi sama juga....Nah kali ini ima sajikan bersama resep yang biasa ima buat, kali aja ada yang penasaran pengen coba tapi belum kesampean ke Pekalongan or orang Pekalongan yang pengen nyobaik masak sendiri di tanah rantau. Monggo....dicobi......
1. Soto Tauco
Yuph! Kita ketahui bersama kalo tiap daerah punya soto versi masing2. Termasuk kota Pekaloangan. Soto tauco ini tak hanya cocok di lidah orang Pelaongan, tapi juga daerah sekitarnya di pesisir pantai utara bagian barat kayak cirebon, brebes, tegal, Pemalang, ampe Batang....sotonya masih relatif sama/mirip. Kalo dah mulai Kendal sotonya udah beda lagi jadi soto Kuning khas Semarang. Oke lah tak usah berpanjang lebar kita mulai saja ....oh ya iam kalo masak suka pake kira2 n ga dihitung2 banget njlimet gitu....jadi ga dikasih komposisinya musti berapa banyak ya....maaph....
Bahan : Daging ayam/Sapi/Jerohan kerbau
Air kaldu
mie soun
daun bawang & sledri iris halus
Bawang goreng
Bumbu : Bawang putih
Cabe merah, buang bijinya
merica
tauco
daun sereh
daun salam
gula merah secukupnya
kecap
garam
Cara membuat : Ayam digoreng, suwir kecil2. daging direbus hingga matang, iris kecil2 (pilih salah satu), trus haluskan semua bumbu, tumis bersama daun sereh dan saun salam. Tauco dihaluskan dan baru dimasukkan beberapa saat setelah bumbu halus kayak bawang putih n mrica dll udah agak matang. Setelah matang dan berbau harum, masukkan ke dalam air kaldu, tambahkan kecap dan gula merah. rebus sampe mendidih.
Untuk penyajian, siapin mie soun yang sudah direndam di air panas ke dlm mangkuk. Susun bersama ayam/daging, irisan daun bawang dan sledri, taburi bawang goreng, siram dengan kuah soto yang tadi.

2. Sego Megono (Nasi Megono)
Kalo di Jogja, nangka muda dimasak jadi gudeg n di daerah laen jadi campuran sayur asem or sayur lodeh, di Pekalongan nangka muda dimasak jadi megono.
Di Pekalongan, makanan ini biasa dijadikan menu wajib andalan sarapan pagi, bareng opor ayam or oseng tempe.
Bahan : Nangka muda
Kelapa parut
Bumbu : Bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, cabe, kencur, salam, laos, sereh, terasi, gula pasir

Cata membuat :
Nangka muda dikupas, buang tengahnya, cacah kembut. Semua bumbu dihaluskan, kukus bersama nagka dan kelapa parut. Disajikan dengan diurap ati dicampur jadi satu semua bahan itu.

masih ada lagi ....bersambung di part berikutnya.......


Tidak ada komentar: