Keluargaku Bahagia......

Daisypath Anniversary Years Ticker

Senin, 26 Januari 2009

Merantau.....Jauh dari Keluarga

Beberapa saat lalu, waktu libur semesteran sekolah, om dan sepupu-sepupu ima pulang dari Kalimantan. Sekitar 2 minggu liburan di rumah mbah, yang sebelahan sama rumah ima. Adik ibu n bapak emang banyak yang pergi merantau di pulau Borneo itu. Om/Paman ima juga telah menikah dan menetap di sana. Ada yang di Banjar, Kalimantan Barat dekat perbatasan, ada pula yang istrinya orang Dayak. Dengan tidak ada maksud mensuku2kan ataupun membeda-bedakan coz ima seneng dengan semua itu.... ima jadi tahu sedikit2 bahasa2 yang digunakan. Nah...kebetulan ayahnya Silmi/suami juga masih punya Darah pulau Kalimantan, bahkan dia juga dulu lahir di sana. Jadi nyambung deh kalo ngomong antara mertua n bulik/bibi. Ima juga jadi semakin kaya akan khasanah budaya pulau Borneo. Dari mulai bahasa, makanan, pakaian dll.
Merantau....itu yang dilakukan paman2 ima untuk sebuah usaha mencapai sesuatu yang lebih baik. Yah...memang tidak mudah untuk berpisah jauh dari keluarga, tapi mungkin begitulah perjalanan hidup. Kita sebagai manusia selayaknya harus terus berusaha, sembari terus menjadikannya sebagai sarana ibadah memperoleh ridhaNya.

" maka, bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung" ( QS Al Jumu'ah : 10)

Ada banyak hikmah dibalik merantau....semua itu pilihan ikhtiar kita yang terbaik....dan sebentar lagi, ima akan merantau lebih jauh lagi dari sekedar pulau Borneo. Kalo om ima masih bisa bolak-balik kalo ada apa2, or pulang sekali waktu, ima mugnkin ga bisa gitu tar. Pulang masih bisa setahun sekali kayaknya...but its OK.
Ima yakin ada banyak hikmah yang bisa ima ambil selagi kita niatkan karena Allah...semoga bisa tetap istiqomah, lebih baik bagi kami, keluarga, anak2 kami kelak dan saudara2 muslim kami, dimanapun berada.

Tidak ada komentar: