Keluargaku Bahagia......

Daisypath Anniversary Years Ticker

Senin, 22 Juni 2009

SIM Qatar

Sebelumnya ayahnya Silmi sudah pernah menceritakan pengalamannya berjuang mendapatkan SIM di Qatar. Kali ini ima benar-benar merasakan perjuangan itu seperti apa. Kata Ayah, Umi masih mending, kalo pas drivskul diantar Ayah, lha Ayah.....musti naik bis, nunggu, ngantuk...weis lebih parah pokok'e.

Di Qatar ini memang sarana transportasi paling dibutuhkan adalah mobil. Bis susah, karena memang rute-nya cukup jauh, macet, buat perempuan juga ga aman kalo naik sendirian, susah pokoknya....kalo naik motor juga ga nyaman, apalagi saat summer begini. Jadi memang untuk mobilitas, mobil paling memungkinkan. Untuk itu, agenda umi berikutnya untuk memudahkan mobilitas umi yg kesana-kemari....gak mungkin juga musti nunggu dianterin Ayah (Ya kalo pas libur....), ataupun naik taksi sopir orang indonesia terus menerus. Setelah dapet RP, ID, langsung daftar di drivskul.

Sebenarnya ada beberapa pilihan driving school di Doha ini. Ada Gulf, Raya, dan karwa itu yang ima tahu. Gulf....dulu ayah sudah pernah kecewa dengan pelayanannya. Raya...deket rumah sebenernya, tapi juga ga enak katanya, ga ada instruktur orang Indonesia, trus kalo pas lagi kursus suka dicuekin sama instruktur. Jadi kayak ga dikasih tahu/diajarin gitu, belajar aja sendiri, begitu kata temen yang sudah pernah di Raya. Akhirnya yang paling bagus dan profesional pelayanannya memang karwa. Karwa ini merupakan salah satu badan usaha milik pemerintah Qatar, jadi memang dikelola cukup profesional. Pelayanannya juga enak, ada instruktur orang Indonesianya lagi. Step by step kursusnya emang enak, jadi kita bisa bener-bener ngerti gimana kalo mo nyetir di Qatar, walopun pada prakteknya di jalan banyak juga yang dah ga sesuai ma pelajaran hehe...

Untuk mendaftar diperlukan hasil pemeriksaan mata, foto 4 lembar (standar RP), surat ijin suami/ssponsor dari suami (dibuatin sama Karwa-nya) kita tinggal tanda tangan, copy pasport, ID, dan SIM mobil Indonesia. Untuk SIM mobil juga harus dicek dulu sama Polisi Qatar. Setelah semua proses itu selesai, pembayaran dan menetukan jadwal kursus. Karena waktu itu daftar antrian untuk instruktur indonesia cukup panjang, ima baru bisa mulai praktek kursusnya kurang lebih satu bulan kemudian....waduh lama juga ya? gapapa sabar aja, tapi ada juga temen yang cuma satu minggu sudah dapat jadwal, tergantung padat atau tidaknya schedule instruktur tersebut.

Yang paling seru dari tahapan pembuatan SIM Qatar ini adalah saat test. Kalo kata temen2, test itu tidak bergantung kemahiran atau kecakapan kita dalam mengemudi, tapi lebih kepada faktor keberuntungan. Seperti halnya yang ima alami, di test pertama gagal pocket parking...whua....gapapa grogi juga dilihatin ma Polisi2 Qatar nih. Yang kedua pocket parking lulus, road testnya yang gagal....padahal sepertinya there was nothing wrong with my road test.. Saat itu ima sempet kecewa sekali, karena bener-bener deh ima ngerasa ga ada yang salah, kok polisinya aneh. Pas dilihat di list daftar point-point kelulusan juga ga reasonable, tapi yah sudahlah......emang harus sabar.

Pas kesempatan ketiga, Alhamdulillah lulus, dan anehnya Polisi yang ngetest ima sekarang kayaknya emang mudah meluluskan. Buktinya yang barengan sama ima waktu itu, ima lihat banyak yang pada salah....eh lulus2 aja. Yah....begitulah test SIM di Qatar, kalo kata suami hanya Allah dan Polisi qatar yang tahu kriteria lulus sebenarnya. Dan ternyata setelah ima tanya-tanya, Si Polisi terakhir yang ngetest ima ini memang baik dan mudah meluluskan. Kata suami juga dulu dia dapet Polisi tersebut pas di test yang pertama n langsung lulus!!! Wah....ni pak Polisi baek juga nih, coba dulu ima dapet sama Polisi yang satu ini pas test sebelumnya, mungkin dah lulus kali. Dan tentunya kita ga bisa milih sama Polisi yang mana test-nya, mereka yang menentukan.

Astaghfirullah ga boleh gitu ma, ga boleh berandai2 n menyesali sesuatu, cukup bersyukur kepada allah karena sekarang Allah meluluskan test nya, tak perlu yang ke-empat dst. Banyak loh yang sudah berkali-kali juga belum lulus, padahal SIMnya sudah dibutuhkan sekali. Alhamdulillah walopun memang tidak semulus yang ima bayangkan, semuanya bisa terlewati. SIM qatar sudah di tangan. Banyak yang harus disyukuri, setidaknya ima ga harus bayar semahal ayah untuk drivskul karena sudah punya modal SIM Indonesia. Coba, waktu ayah drivskul tanpa SIM Indonesia dulu, untuk mendapatkan SIM dibutuhkan total 3000QR (sekitar 9 juta rupiah), kali ini ima cukup bayar setengahnya, karena paketnya lebih short, cukup 1500 QR saja.

Habis itu, tibalah waktunya nyobain SIM baru. Ayah masih belum tega melihat umi nyetir sendirian di tengah ugal2annya pengemudi2 di qatar n ramenya jalanan. Yang ugal2an biasaya malah orang Qatarinya sendiri, mereka ga takut kecelakaan kali ya? Alhasil, kemana2 ima nyetir masih didampingi ayah. Setelah agak lumayan berani, walopun ayah masih khawatir, tapi umi beranikan diri mencoba kemana2 sendiri. Lha emang butuh, gimana lagi.

Emang bener, kalo di jalanan yang agak sepi kayak jalur ke arag Wakra dan Al Khor, nyetir dengan kecepatan 100 km/jam tu dah ga tahan....gatel banget paling gak 120-an lah. Kalo di indonesia...waduh jarang2 nyetir dengan kecepatan segitu. Tapi awas ada kamera yang selalu mengawasi di sepanjang jalan, kalo speed limit qta melebihi ketentuan yang berlaku di jalan itu, ke-photo deh....lumayan loh dendanya 500 QR per sekali pelanggaran. tapi biasanya kamera mudah dideteksi, jadi pas udah deket kamera, siap2 turunkan speed!!!

Tidak ada komentar: