Keluargaku Bahagia......

Daisypath Anniversary Years Ticker

Sabtu, 21 Mei 2011

Bakso Sederhana

Bakso merupakan salah satu makanan yang memang biasa dibikin sendiri, kadang klo lagi males ya pesen pentolnya doank dengan harga 60-70 QR per kilo. Kalau di Indo mah gampang bisa tinggal panggil abang tukang bakso yang lewat depan rumah ya...dan kalo di Indo bikin bakso sendiri karena menghindari pemakaian bahan-bahan tambahan yang tidak baik dalam proses pembuatannya baik MSG, pengawet dll. Nah kalo di sini dijamin sehat jg soale baksonya bikin hehe...bisa terserah kita juga, mo dibuat tahu bakso, pentolnya gede, kecil, dikasih isian dll terserah. Saya seneng bikin bakso karena silmi dan hasan suka sekali dengan penthol bakso, kadang dibikin sate bakso, bakso bakar, campuran nasi goreng, wis pokoknya pentholnya termasuk favorit. Nah berikut resep bakso yang saya dapatkan dari temen saya Bu Lisna yang konon katanya beliau dapatkan waktu masih tinggal di Abu Dhabi, dengan sedikit saya modifikasi. Saya seneng bikin dengan cara ini karena cukup pake blender, ga perlu pake food processor. Ga tau kenapa walopun saya punya food processor di rumah, tapi keseringan males ngeluar2in dari tempatnya klo mau masak, belum lagi nanti beresin n nyucinya hehe....emg dasar males kali saya ya.


setelah diangkat...hmmm...tinggal dinikmati n mao dibikin apa terserah


bergolak siap diangkat

penampakan adonan bakso di dalam blender


oke kita mulai dengan bahan-bahan :
300 gr daging minced beef (daging yang sudah digiling)
2 sendok makan tepung sagu
1 butir telur ambil putihnya saja
3 sendok makan susu cair
merica, garam, secukupnya
2 siung bawang putih, bisa jg diganti dengan bawang goreng.

cara membuatnya : yang pertama campur semua bahan menjadi satu dengan bantuan blender juicer biasa. campur dengan blender kurleb 10-15 menit tergantung sikond. Oh iya blender jg beresiko sebenernya klo sering dipake bikin bakso, bisa cepet rusak. Tapi asal jangan sering2 n klo kira2 udh cukup hentikan sebelum blender mengeluarkan bau gosong hehe....serem amat yak? oh iya di resepnya sebenernya dikasih baking powder, tapi kalo saya ga saya kasih baking powder, biar lebih alami jg.

oke setelah adonan tercampur rata masukkan sebentar ke kulkas kurleb 5 menit sambil menunggu air dididihkan. Setelah air mendidih udah deh bentuk baksonya dengan sendok dan tangan. Caranya dengan ditaurhkan adonan di telapak tangan, pencet/tekan hingga keluar adonan sedikit-sedikit lewat sela2 jari, potong dengan sendok langsung cemplungkan di air mendidih. Setelah menyembul/mengambang, angkat. udah deh bakso sederhana sudah jadi, kenyalnya jg oke kok ga kalah sama bakso2 enak lain hehe.....lumayan sapa tau tar klo pulang ke indo bisa buka jualan bakso :)

Tidak ada komentar: