Keluargaku Bahagia......

Daisypath Anniversary Years Ticker

Senin, 23 Mei 2011

Onde-Onde

Saya memang lebih sering bikin kue tradisional Indonesia, bukan apa-apa tapi karena kue2 tsb yang langka di sini, Jadi ya sudahlah saya lebih sering bikin buat obat kangen. Nah khusus onde-onde ini selain buat obat kangen, tapi terkadang buat daur ulang bubur kacang ijo. Kalo udh ga habis, bisa dipake buat isiannya. Khusus tepung ketan memang agak susah nyari di sini, cm ada di toko-toko Indonesia. Kalo beras ketan ada tapi tepung ketan so far belum nemu kalo di mall2 umum.

oke kita mulai dengan bahan yg simple saja, terdiri dari :
tepung ketan 250 gr
tepung terigu 50 gr
garam sedikit
air
wijen
minyak untuk menggoreng

isian : kacang ijo, jika ada yg udah kupasan
gula merah
santan sedikit
daun pandan
garam, air

sebelum membuat kulit, terlebih dahulu buat adonan isi. simple kok cm jika perlu biar lebih lembut dihaluskan kacang ijo yg sudah matang. Bentuknya dipadatkan dengan memasak hingga airnya berkurang alias kering. Maksudnya jangan dibikin kayak bubur kacang ijo, lebih kental lagi biar airnya banyak berkurang. haluskan.

campr semua adonan kulit, bentuk bulat2, pipihkan isi dengan isian yang sudah dibentuk bulat2 lebih kecil sehingga kulit menutuo sempurna. bentuk bulatan sempurna, gulingkan di wijen hingga menutup seluruh permukaan. udah deh digoreng. Gunakan api kecil agar dalemnya matang merata. Trus jika masih nunggu agak lama akan digoreng, wrap dengan plastik agar adonan tidak cepat kering. masukkan ke dalam lemari pendingin.
Adonan yang sudah siap diisi

diisi pake kacang ijo

diguling-gulingkan di wijen

goreng deh...apinya jangan gede-gede

oke this is it....onde-onde siap dinikmati


*maaf klo photonya jelek ya...ga pake teknik food photography nih, ga pake di edit pula....langsung tayang dr BB- halah jangan diledekin ya klo pake BB, soale semua keluarga kok ngeledekin gara-gara saya pake BB setelah pake i-phone, agar tidak wajar sepertinya-ga penting*

Tidak ada komentar: