Keluargaku Bahagia......

Daisypath Anniversary Years Ticker

Sabtu, 22 November 2008

Makanan sehat dan suplemen

Sejak Silmi udah makan, 6 bulan, setiap hari ima kasih propolis sampe sekarang. Alhamdulillah dia sehat dan tumbuh dengan baik. Awalnya ima kasih Silmi madu, tapi ternyata dari buku yang ima baca, madu belum disarankan pada bayi di bawah 1 tahun. Jadi ima pake propolis diamond, sama-sama hasil lebah kayak madu juga yang berkhasiat. Walopun ada juga madu yang buat anak, tapi akhirnya atas saran kakak yang emang sudah memberi propolis ke anak2nya dari jaman dahulu kala, ima kasih Silmi propolis diamond.

Kalo Uminya rajin minum madu n habbatussaudah sejak dulu sebelum. Kebetulan mertua sering bawain madu kapuk asli dari Gringsing, yang emang sudah terkenal produsen madu di daerah kami.

Sekarang semua suplemen itu rutin ima konsumsi n berikan ke Silmi. Yah....walopun Silmi agak susak minum susu selain ASI, semoga suplemen-suplemen tadi bisa menambah nafsu makan Silmi n kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Suplemen yang lain yang biasa kami buat n konsumsi adalah Susu kedele, Teh Rosella dan kunir asam.

Silmi emang suka banget ma susu kedele, kalo ma susu yang laen agak susah. Alhamdulillahnya mama juga panen kedele. Berhubung kedele lokal & ga bisa dipake buat tempe, jadi baiknya buat makanan yang dihancur2in, kayak susu or tahu. Ima jadi rajin juga bikin susu kedele.

Kunir asem rajin ima bikin coz di rumah mama juga lagi panen asem n Qta dibawain ampe banyak banget. Jadi....sering bikin deh, secara ayahnya Silmi emang hobi minum kunir asem yang seger, sekalian buat melangsingkan tubuh katanya (lha tapi kok ga langsing-langsing ya?). Umi juga seneng minum kunir asem kalo pas lagi haid. Temen2 juga seirng ima buatin n jadi ketagihan deh...waduh repot nih pas stok asemnya habis.

Kalo teh Rosella ayahnya Silmi yang sering minum, umi kadang2 aja. Kebetulan juga kita nanem di depan rumah, jadi tinggal metik aja.

Barangkali bisa bermanfaat, sedikit resep yang biasa buat di rumah, mungkin tiap orang beda, sekedar sharing saja.

  1. Kunir Asem

Bahan : 1 ons kunir, 1 ons asem, ¼ kg gula jawa, 1 sdt garam, 1 liter air.

Cara membuat : kunir dikupas, diblender. Campur dengan air, rebus bersama asam, gula jawa dan tambahkan garam. Tunggu hingga mendidih, diamkan beberapa saat sampe agak hangat, saring, masukkan ke botol. Jika disimpan di kulkas bisa buat 3 hari.

  1. Susu Kedele

Bahan : Kedele, air, gula pasir, vanili/pandan, perasa sesuai selera, garam secukupnya.

Cara membuat : Kedele direndam semalaman, kemudian dikupas kulit arinya, blender dengan air secukupnya. Saring dengan kain, rebus bersama gula dan garam dan vanili. Tambahkan perasa jika suka. Kalo ima suka yang original, kadang Cuma ima tambah jahe, itupun kalo yang minum ayahnya Silmi, kalo yang minum Silmi ya tidak dikasih jahe coz pedes.

Nah ampas susu kedele yang udah halus ini pun masih bisa dimanfaatkan buat masker bagi yang suka maskeran. Tinggal ambil 2sendok besar, jika teksturnya kurang lembut, haluskan lagi sebentar, campur dengan madu dan putih telur. Sapukan ke muka...dijamin terasa lebih segar n kenceng.

  1. Teh Rosella

Bahan : Bunga Rosella yang sudah merah, air, gula, garam secukupnya.

Cara membuat : Kalo yang ini asli gampang banget, tinggal dididihkan bareng2, angkat udah deh. Jangan diberi gula terlalu banyak, Rosella memang rasanya asem, tapi jangan dibuat jadi manis kayak sirup, tar kalorinya juga banyak....ga guna buat yang mau sehat n yang dah kelebihan berat badan.

Wah....begitulah teman2 kalo hidup di pedesaan, especially di Indonesia. Alhamdulillah rasanya hasil bumi begitu melimpah yang Allah tlah berikan pada kita dan bangsa ini. Mungkin ini tar yang ga ima temuin di Qatar. Mertua aja kalo pas maen ke Tuban dari Batang, semobil isinya hasil bumi. Mo bikin apa2 juga jadi semangat, secara bahan2nya sudah tersedia. Ampe pohon katuk pun Qta tanem & dibawa dari Batang ke Tuban pas ima hamil, gara2 nyari daun katuk susah. Orang Tuban malah jarang yang kenal daun katuk, padahal ima di rumah mah banyak euy!.

Tidak ada komentar: